Tuesday 15 November 2011

Membuat File Instalasi 8 Gb dalam 2 DVD

Kepingan kaset DVD Room standardnya berisi 4,7 Gb, bila suatu saat anda mendownload file atau mengcopy file instalasi lebih dari 4,7 Gb, bila harus mengcopy file tersebut ke hardisk, akan memenuhi ruang penyimpanan hardisk apalagi ruang penyimpanan hardisk anda sudah tinggal sedikit. Bila di copy ke DVD, kapasitas DVD tidak mencukupi untuk Ada beberapa Solusi untuk memecahkan masalah tersebut

  1. Anda harus memiliki software Win Rar
  2. Buka Windows Explorer
  3. Pilih file yang berkapasitas besar tersebut yang hendak dibuat 2 keping DVD
  4. Klik kanan file tersebut kemudian klik Add to Archive
  5. Akan Muncul Jendela “Archive name and parameter”
  6. Ketik nama file pada kotak Text box “Archive Name (Disini sebagai contoh namanya adalah Game Colection)
  7. Centrang “Create SFX archive” agar file yang di kompress berbentuk .Exe
  8. Kemudian klik Brows untuk menyimpan sementara file .exe tersebut (pada gambar sebagai contoh saya simpan di E:\Software Clecttion\Game Colection.exe)
  9. Klik panah bawah pada kotak pilihan Split to Volume, Byte
  10. Pilih kapasitas DVD (DVD+R 4481 mb)
  11. Lalu klik Ok, Maka Winrar akan melakukan proses, bila proses telah seleseai akan terbentuk file Game Colection Part1.exe dan Game Colection Part2.exe
Setelah anda selaesai membagi file yang berkapasitas besar tersebut dengan 2 part, anda bisa mengcopy file tesebut kedalam DVD dengan cara melakukan copy Data to DVD dengan program Nero Burning Room.
Untuk Instalasi file dari DVD tersebut :
  1. Masukkan DVD file Part 1, kemudian klik file part 1.exe tersebut, maka akan di ekstrak ke drive dan folder di hardisk (sesuai dengan folder penyimpanan pilihan anda)
  2. Bila ada pesan atau permintaan masukan Disk2 atau part 2, keluarkan disk DVD part 1 dan masukkan disk DVD Part2
  3. Setelah selesai di ekstarak ke dapam sebuah folder, lakukan instalasi program tersebut.
  4. Setelah anda selesai menginstall program tersebut, anda dapat menghapus file atau folder tempat file ekstrak tersebut agar tidak menjadi beban pada hardisk.
Selain untuk membagi kapasitas file menjadi 2 keping DVD, anda juga dapat membagi menjadi beberapa file part agar dapat dengan mudah di upload di Hosting, untuk mempermudah pengunjung mendownload dengan kapasitas file yang lebih sedikit, misalnya dari 8 Gb file anda dapat membaginya dengan ukuran file sekitar 10 Mb, sehingga menjadi 8 file part.

0 comments:

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More