Tuesday 15 November 2011

Teknik Merubah Animasi Power Point Menjadi Animasi Flash

Satu lagi trik yang sangat bermanfaat bagi animator fisika dalam mendesain sebuah media pembelajaran yang berbasis presentasi dengan memanfaatkan Microsoft Office Powerpoint (penulis gunakan Powerpoint 2007), yaitu mengubah file powerpoint menjadi file flash selain mengubah berikut ini pula akan dipaparkan bagaimana meng-insert file flash (swf) ke dalam file powerpoint sehingga menghasilkan desain media pembelajaran berbasis presentasi yang interaktif.

Hasil ubahan dan insert file swf ini sangat membantu dan menarik perhatian peserta didik untuk tetap eksis mengikuti pembelajaran berbasis presentasi seorang guru, berikut ini trik mengubahnya dan memasukkan file flash ke dalam powerpoint :
1. Syarat, dikomputer Anda sudah terinstal program iSppring dan Swiff Player (kalau belum silahkan install dengan sebelumnya download iSppring dan Swiff Player)
2. Buka file animasi Anda yang telah dibuat di powerpoint, jika animasi Anda ingin dijalankan dengan automatis (tanpa menggunakan click atau enter) maka sebaiknya pada efek animasinya (start) tidak menggunakan on clik tetapi lebih disarankan memakai efek animasi-start : after previous
3. Pastikan bahwa slide animasi yang mau diubah sudah sesuai keinginan Anda dengan cara jalankan (slide show atau tekan F5)
4. Jika Anda menggunakan versi 2007, maka pilih iSpring (pada addres bar) lalu click Publish, maka muncul kotak dialog
5. Pada kotak dialog : (1) presentation title = silahkan ganti nama slide 1 menjadi (sesuai nama file Anda inginkan), (2) slide range = klik selected slide (1 slide) slide aktif akan dipublish, (3) options = tidak usah beri tanda centang (silahkan pelajari selanjutnya, jika Anda sudah mahir, maka Anda dengan sendirinya dapat mengerti tiap pilihan pada options)
6. Tunggu beberapa saat, maka file Anda sudah jadi Flash dan secara otomatis akan dimainkan di Movie Flash, jika file Anda berlogo winamp atau semacamnya maka klik kanan lalu click Open With – Swiff Player (silahkan lihat hasilnya)
7. Kalau file flash movienya sudah jadi, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan file flash movie ke dalam desain presentasi Anda dengan cara Anda sudah di halaman kerja powerpoint klik iSpring pada address bar dan klik Insert Flash, temukan file flash Anda dan open,
8. Kembali ke halaman powerpoint dan file flash sudah masuk, tetapi ukuran flashnya memenuhi halaman kerja powerpoint, silahkan ubah ukuran dengan klik kanan dan pilih Format Control (ubah ukuran dan posisinya) lalu ok, silahkan jalankan (F5)
Mudahkan mengubah file animasi powerpoint menjadi flash?, jika Anda sangat tertarik tutorial ini dan ingin menjadikan sebagai bahan bacaan di komputer Anda silahkan download File di sini lengkap dengan gambarnya.

0 comments:

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More