Thursday 10 November 2011

Cara Mengatasi Duplicate Meta Description di Blogger/Blogspot

Kasus duplikasi meta tags, terutama meta description (meta deskripsi) lazim dialami blog berplatform Blogger karena template blogger memiliki aturan-aturan umum tertentu yg berlaku bagi semua halaman (XML template). Dalam satu blog, beberapa halaman dapat memiliki deskripsi yg sama. Hal ini terjadi karena Google spider menemui deskripsi tersebut di setiap halaman yg di-crawl. Karena Google sekarang telah mengabaikan meta keywords, maka yg sering terjadi adalah duplikasi meta deskripsi halaman-halaman suatu blog berplatform Blogger.


Apa Efek Duplicate Meta Description bagi SEO?

Dalam SEO, duplikasi meta tags dapat mengurangi kualitas hasil pencarian karena deskripsi yg sama dapat merusak relevansi pencarian. Mengapa? Karena Google mengasumsikannya sebagai duplikasi konten! Tentunya hal ini sangat terlarang dan tabu bagi dunia search engine optimization, khususnya SEO of Google. Akibatnya, kekuatan SERP suatu halaman blog di search engine menjadi lemah.
Maka, sangat penting untuk memperbaiki error duplikasi tersebut agar usaha SEO blog lebih mantap ke depannya. 

So, Inilah Solusi Duplikasi Meta Deskripsi:

Seperti halnya melakukan pengecualian (atau pengkhususan) atas suatu tampilan / fungsi di template Blogger, kita dapat menambahkan tag "if" dalam sebuah kondisi (persyaratan tertentu [cond]) hanya pada suatu halaman, dalam hal ini: homepage (halaman utama blog). Selain bisa dibaca oleh browser, tag ini bisa pula dibaca oleh search engine (spider/robot/crawler). 
Berikut langkahnya:
1. Masuk Dashboard >Design/Layout > Edit HTML/Edit Template.
2. Cari tag meta description dan meta keywords. Seperti yg telah saya posting sebelumnya, meta tags biasanya diletakkan di bawah <head> atau yg terdekat (cari <meta gunakan Ctrl+F).
3. Tambahkan pasangan tag berwarna biru sebelum meta description dan sesudah meta keywords sesuai contoh berikut:
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content='Deskripsi'  name='description'/>
<meta content='
keyword1 keyword2 keyword3 ...' name='keywords'/>
</b:if>
Fungsi di atas adalah untuk memberikan pengecualian serta menampilkan meta description & meta keywords hanya untuk halaman utama (homepage). Meta keywords lebih baik juga hanya ditampilkan di homepage blog karena, meskipun Google sudah tidak memperhitungkan meta keywords, ada baiknya juga berjaga-jaga untuk search engine lain, misalnya Bing & Yahoo.

Have a nice Blogging, folks!

0 comments:

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More